Kabar heboh bahwa Malaysia akan klaim Reog Ponorogo



HEBOH BARU BARU INI, BAHWA MALAYSIA AKAN KLAIM TRADISI KESENIAN REOG PONOROGO.

nesianews.com - Ponorogo memiliki warisan budaya tak benda yakni kesenian Reog Ponorogo. Sendratari tersebut merupakan nominasi tunggal yang diusulkan sebagai warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage ) UNESCO 2023.

Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur jawa timur berkata " karena hanya ada di ponorogo. Kalau ada kesenian Reog tampil di luar Ponorogo tetap harus disebut Reog Ponorogo bukan kesenian lain." di kutip dari Kompas.com (27/2/2022).

Tak luput juga Muhajir Effendy mengatakan "Negara Malaysia juga berencana mengajukan kesenian barongan, untuk itu kita haru lebih dulu untuk Reog menjadi budaya dan warisan kita", keterangan tertulis senin (4/42022).

Namun dilansir dari informasi yang tertulis bahwa nama sendratari di malaysia, tepatnya di Johor dan Selangor dikenal dengan nama tari barongan.

Dari situlah pemerintah  menanggapi bahwa malaysia ingin mengklaim kesenian barongan yang mirip dengan kesenian reog sebagai budayanya sendiri.hal itu di ucapkan tegas oleh DPR RI Muhaimin Iskadar  " Bahwa kasus ini berulang kembali, Malaysia akan mengklaim sendratari reog menjadi kebudayaannya. kiranya pemerintah harus lebih tegas lagi."ucap Muhaimin Iskandar. (7/4/2022).


Namun yang membuat kecewa yakni kesenian reog ponorogo tak masuk ke daftar warisan budaya tak benda kepada UNESCO. karena salah satu tim pengusul Reog Ponorogo Prof. Hamy wahjunianto mengatakan bahwa tim penyeleksi Kemendikbud Ristek menempatkan Reog sebagai nominator teratas, namun memproritaskan jamu sebagai warisan budaya tak benda asal Indonesia. 

Ujar Hamy "Tapi secara lisan disampaikan kalau jamu yang menjadi nomor satu". dikutip  dari laman resmi Ponorogo, Jum'at (8/4/2022).

  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال