Makna Tradisi Dalam Pernikahan

Makna Tradisi Dalam Pernikahan
Nesianews.com - Hari pernikahan merupakan momen yang tidak akan pernah terlupakan seumur hidup.
Dalam merayakan kebahagiaan cinta bersama keluarga dan kerabat, acara pernikahan ini biasanya diiringi dengan sederet tradisi yang terus dipertahankan dan bahkan menjadi trend yang berlangsung hingga saat ini.

Semua tradisi yang dilakukan mengandung arti yang mendalam lho. Apa saja tradisi tersebut dan mau tahu apa makna yang terkandung di dalamnya? Temukan jawabannya disini.

Cincin pernikahan

Tradisi penggunaan cincin kawin ini sudah dimulai semenjak masa Romawi Kuno. Di hari pernikahan, pengantin pria akan mengirimkan sebuah cincin yang terbuat dari besi kepada pengantin wanita sebagai simbol ikatan yang tidak akan pernah berakhir.

Dalam sejarah juga tercatat bahwa penggunaan cincin pernikahan dalam upacara pernikahan dilakukan oleh warga Mesir kuno. Tradisi cincin pernikahan pun mulai menyebar ke seluruh dunia di abad ke-17 sampai saat ini.

Cincin dengan warna dasar emas terbuat dari bahan rodium terdiri dari 3 cincin dengan model dan aksen yang berbeda yaitu bentuk hati, pita, dan bunga mawar. 

Kerudung pernikahan

Pengantin wanita juga identik dengan penggunaan kerudung atau tudung pernikahan. Tradisi penggunaan kerudung pernikahan ini juga sudah dimulai di masa Roma kuno.

Hanya saja di masa ini pengantin wanita menggunakan kerudung pernikahan berwarna merah yang menandakan pengantin wanita telah menjadi milik pengantin pria.

Sementara di masa Yunani kuno, pengantin wanita menggunakan kerudung berwarna kuning dan menutupi seluruh tubuh pengantin wanita sebagai simbol kesucian dan keluguan seorang wanita. Dan di masa kini, digunakan kerudung pernikahan berwarna putih sebagi tanda sucinya sebuah pernikahan.

Lempar bunga

Dalam sederet acara pernikahan biasanya diselipkan tradisi melempar bunga atau buket pengantin. Lempar bunga ini sendiri dimulai dari Amerika Utara, dimana pengantin wanita akan melempar bunga pengantin pada sahabatnya agar segera menikah dan hidup bahagia.

Namun, seiring perkembangan dan waktu, kini pengantin berdiri membelakangi para tamu single yang diundang untuk berkumpul bersama di depan, lalu pengantin wanita pun akan melempar bunga tersebut.

Tradisi yang menjadi salah satu acara pernikahan yang menarik ini pun biasanya diperebutkan oleh para tamu single, karena saat ini orang yang mendapatkan lemparan bunga tersebut akan mendapatkan hadiah special.

Baju couple yang terbuat dari bahan katun combed dan memiliki gambar kepala wanita di baju wanita dan kepala pria di baju pria ini cocok buat kamu yang memiliki pasangan saat berjalan-jalan ataupun foto berdua.

Lempar stocking

Jika tradisi lempar bunga sudah sangat umum dilakukan,  bagaimana dengan lempar stocking? Tradisi yang dimulai pada abad ke-14 di Inggris ini merupakan tradisi khusus pria.

Pengantin pria akan melempar garter atau bagian kecil berenda dari stocking yang digunakan pengantin perempuan. Pada masa itu, masyarakat percaya jika potongan kecil dari pakaian pengantin wanita dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Tradisi pernikahan yang menarik ini ternyata memiliki arti yang sangat romantis dan mendalam, bukan?
 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال